Tidur di Lantai Terkena Paru-Paru Basah Hanya Mitos

     Beberapa orang-orang Indonesia masihlah yakin kalau penyakit paru-paru basah karena sebab kerap tidur di lantai tempat tinggal tanpa ada alas.  Tetapi kenyataannya, paru-paru basah atau dalam arti medis dimaksud pneumonia, karena organisme yang masuk kedalam paru-paru.  Ni Nyoman Indira, dokter peneliti RS Cipto Mangunkusumo mengungkap, urutan yang mungkin saja berlangsung oleh seorang pengidap paru-paru basah.

     “Biasanya, mereka hirup tanpa ada berniat tetesan-tesesan kecil dari orang yang batuk atau bersin. Atau dapat pula, bakteri atau virus yang umumnya ada di mulut, tenggorokan atau hidung pasien, masuk tanpa ada berniat ke paru-paru, ” kata Indi.  Sesuai sama namanya, paru-paru basah mempunyai keadaan yang terendam oleh cairan, hingga mengakibatkan infeksi.

     “Sebelumnya, waktu organisme masuk paru-paru, mereka biasanya menetap di kantung hawa serta bebrapa sisi dari paru-paru dimana berkembang cepat jumlahnya. Lalu, paru-paru jadi terisi cairan serta nanah. Jadi sakit, lantaran badan begitu berupaya keras untuk melawan infeksi tadi, ” tuturnya.  Tidur di lantai dapat juga terkena penyakit Meski tidur di lantai tak mengakibatkan penyakit paru-paru basah, bukanlah bermakna Anda dibolehkan untuk tidur pada lantai tanpa ada alas.  Menurut Indi, ada penyakit lain yang muncul jika Anda sering tidur di lantai.

     Satu diantara penyakit yang muncul yaitu Mialgia.  Dalam pengetahuan kedokteran mialgia di kenal sebagai penyakit nyeri otot. Penyakit ini adalah tanda-tanda dari banyak penyakit serta masalah pada badan. Penyebabnya biasanya lantaran pemakaian otot yang salah lantaran sangat tegang. Atau dapat karena sebab masalah tidur yang salah.  Diluar itu, dapat pula lantaran ada ketidak seimbangan hormon, defisiensi vitamin, obat-obatan yang menginduksi, serta lantaran penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis.  Indi juga memiliki pendapat, ada jalinan yang begitu logis dengan cara ilmiah pada tidur di lantai dengan penyakit mialgia ini.

     “Bagi kelompok umum, arti mialgia ini cukup popular dimaksud dengan masuk angin. Bila Anda tidur di lantai tanpa ada alas, dinginnya lantai dapat turunkan ketahanan badan. Penyakit ini umumnya ditandai dengan nyeri pada dada. Sinyal rasa nyeri tersebut yang mengakibatkan penyakit mialgia” tutur Indi.  Jadi, baiknya bila akan tidur di lantai, Anda mesti melapisi lantai dengan karpet atau kasur busa lipat yang dapat dilipat kapan juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s